Senin, 08 Juni 2015

Mitologi Yunani - Pernikahan Zeus

Surabaya, 9 Juni 2015



Tulisan ini saya buat setelah membaca seri novel Rick Riordan - Percy Jackson and the Olympians (Unduh PDF) dan menonton dua film awal seri ini. Novel Seri Percy Jackson and the Olympians oleh Rick Riordan mengisahkan tentang Percy Jackson , Putra Poseidon - Sang Penguasa Lautan- dengan seorang manusia. Saya menjadi sangat penasaran dengan mitologi Yunani, akhirya saya coba untuk membaca berbagai literatur tentang topik ini.

Kira-kira beginilah hasil belajar saya..:-).
Mitologi Yunani itu sangat membingungkan dan rumit. 
Membingungkan karena disana banyak kisah-kisah yang lumayan tidak bisa diterima akal (memang seharusnya dipahami dengan imajinasi saja. hehe).
Contohnya tentang banyaknya pernikahan 'nyeleneh', antara lain:
  1. Ketika Pemimpin dari Dewa, si Penguasa Langit, Dewa Zeus menikah dengan saudaranya sendiri si Dewi Pernikahan, Hera, menghasilkan dewa-dewa antara lain: Ares (Dewa Perang), Hebe (Dewi Masa Muda dan Musim Semi), Hephaestus (Dewa Api & Pandai Besi), Eileithiya (Dewi Kelahiran) dan Eris (Dewi Perselisihan).  
  2.  Zeus juga menikahi saudarinya yang lain yaitu Demeter (Dewi Pertanian & Kesuburan), mereka dikaruniai anak Persephone (Dewi Kehidupan dan Kematian)
  3. Pernikahan dengan saudaranya sendiri masih dilakukan Zeus, yaitu dengan Leto dan Maia. Dengan Leto menghasilkan si kembar Apollo (Dewa Penyembuhan, Cahaya dan Musik) dan Arthemis (Dewi Perburuan), sedang pernikahannya dengan Maia adalah lahirnya Hermes (Dewa Pembawa Pesan)
  4.  Pernikahan Zeus ada juga dengan keponakannya, Dione, cucu dari Iapetos (saudara dari Kronos- ayah Zeus) menghasilkan Dewi Aphrodite (Dewi Kecantikan & Seksualitas).
  5.  Bahkan Zeus menikahi bibinya sendiri , yaitu Mnemosine, saudari dari Kronos- ayah Zeus. Dari pernikahannya dengan Mnemosine menghasilkan 9 Muse. Muse adalah dewi musik, nyanyian, tarian, sastra dan lagu.
  6. Nampaknya wanita saja tidak cukup untuk Zeus, karena dikisahkan Zeus juga menikah dengan seorang pria, yakni Ganimede. Ganimede adalah pangeran Troya, yang merupakan anak dari Tros dan Kallirhoe. Ganimede memiliki penampilan menarik,sehingga Zeus jatuh cinta padanya.
Keenam poin itu hanya menjelaskan tentang Zeus saja, padahal masih banyak Dewa-Dewi lain yang juga memilki banyak pasangan, yang masih kerabat mereka sendiri.

Karena saya sudah terlalu banyak mengkritik Zeus, maka saya akan sampaikan hal positif tentang dirinya, biar tetap berimbang.. :-()
Seperti yang kebanyakan orang ketahui, Zeus adalah Rajanya para Dewa, Dewa langit dan Dewa Petir. Zeus biasa digambarkan duduk di tahtanya atau sedang memegang senjata terkuatnya, yaitu petir. 



Berikut adalah bagan silsilah keluarga Dewa-Dewi Yunani:
Klik untuk melihat lebih jelas

Zeus adalah anak bungsu dari Kronos dan Rhea (Bangsa Titan), dia menjadi anak satu-satunya yang tidak ditelan ayahnya. Alkisah, Kronos ketakutan bahwa suatu saat dia akan dibunuh oleh anak-anaknya, seperti halnya dia membunuh ayahnya, Uranus, untuk merebut kekuasaan. Oleh karena itu, Kronos selalu menelan anak-anaknya, yaitu : Hestia (Dewi Perapian), Demeter (Dewi Pertanian & Kesuburan), Hades (Dewa Dunia Bawah), Hera (Dewi Pernikahan) dan Poseidon (Dewa Laut). Rhea, istri Kronos, sangat marah akan hal itu. Oleh karenanya, ketika melahirkan Zeus, dia menipu Kronos dengan menyembunyikan Zeus dengan cara menggantinya dengan sebongkah batu dibungkus kain. Ketika Zeus dewasa, dia membuat ayahnya minum racun yang akhirnya mengakibatkan Kronos memuntahkan anak-anaknya. Dengan bantuan saudara-saudaranya Zeus berhasil mengalahkan ayahnya dan menjadi Raja Para Dewa.

Tulisan sepanjang ini akhirnya hanya bercerita tentang Zeus.. hehe. Jika anda sekalian mencermati bagan silsilah keluarga Dewa-Dewi Yunani diatas, anda akan lihat betapa Zeus memang yang paling banyak menikah. Mengapa Poseidon dan Hades tidak ada garis pernikahannya di gambar itu? Mungkin terlalu rumitnya pernikahan-pernikahan mereka, jadi susah untuk membuat bagan yang lengkap untuk semua pernikahan mereka. Hades jelas menikah dengan Persephone, putri Zeus & Demeter. Poseidon mempunyai ratunya di laut bernama Amphitrite. Namun selain itu, mereka masih punya istri-istri lain. Moga saya bisa melanjutkan menulis kisah-kisah para dewa-dewi yang lain. Terima Kasih.

*)Mohon maaf jika ada kesalahan dalam tulisan ini, saya baru belajar tentang mitologi yunani. Saran dan kritik sangat saya harapkan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar